Home / Berita Umum / Bagaimana Keadaan Para Pelacak Suaka Sekarang?

Bagaimana Keadaan Para Pelacak Suaka Sekarang?

Bagaimana Keadaan Para Pelacak Suaka Sekarang? – Ini hari pas hari ke-4 pelacak suaka tempati bekas Gedung Kodim Jakarta Barat, Kalideres. Bagaimana keadaan mereka?

Di bekas Gedung Kodim Jakarta Barat, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakbar, Minggu (14/7/2019) pada jam 09.00 WIB, beberapa pelacak suaka sudah mengawali kegiatan seharian mereka. Beberapa lelaki terlihat sekedar duduk serta terlibat perbincangan.

Beberapa ada yang bersihkan diri mereka memakai air yang sudah disiapkan. Golongan wanita bersihkan sekitaran tempat gedung, ada juga yang jaga anak mereka.

Terlihat juga pelacak suaka yang menjemur baju dalam tempat yang sudah disiapkan dan di pagar gedung sisi depan. Di gedung, terlihat beberapa pelacak suaka tengah melahap sarapan. Mereka nikmati satu gelas teh hangat atau susu serta roti.

Selain itu, PPSU Kecamatan Kalideres terlihat bersihkan halaman gedung. Ada juga satu mobil ambulans yang terparkir di muka gedung penting untuk service kesehatan beberapa pelacak suaka.

Tenda baik punya Kementerian Sosial serta punya pelacak suaka juga masih tegak berdiri. Di pos menjaga depan gedung, beberapa Satpol PP serta personil kepolisian terlihat berjaga.

Di pagar pintuk masuk gedung, terpajang tulisan ‘Dilarang Keluar Masuk di Ruang Penampungan Lebih Dari Jam 10 Malam Buat WNA’. Sesaat tulisan-tulisan penampikan masyarakat masih kelihatan di sekitaran luar gedung. Di seberang gedung terpajang besar tulisan ‘Boss… Pengungsi Imigran Masalah Pemerintah-UNHCR. Bukan Masalah Komplek Perumahan. #TolakPengungsiDiPerumahan’.

Awalnya, faksi masyarakat seputar bekas Gedung Kodim Jakarta Barat memang menampik beberapa pelacak suaka diletakkan di daerah mereka. Masyarakat menampik sebab beberapa pelacak suaka dipandang mengganggu kenyamanan serta masyarakat belum disosialisasikan.

About penulis77