Home / Berita Umum / Jokowi Sumbang Sapi Kurban Ke Masyarakat Gunung Kidul

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Ke Masyarakat Gunung Kidul

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Ke Masyarakat Gunung Kidul – Masyarakat Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul menyembelih sapi sumbangan Presiden Jokowi di Masjid Nurma’unah. Sapi seberat 1,1 ton itu sudah sempat memberontak waktu akan disembelih sampai mencederai seseorang masyarakat.

Sesampainya di Masjid Nurma’unah, masyarakat langsung melilitkan tali tampar berwarna oranye pada badan sapi sejenis simmental. Seterusnya, dengan tehnik tersendiri, belasan masyarakat langsung menarik tali itu sampai sapi jatuh ke lantai.

Sesudah terjatuh di lantai, masyarakat langsung berusaha mengikat kaki sapi itu. Seterusnya masyarakat mulai tempatkan kepala sapi pada suatu lubang yang berperan menyimpan darah waktu penyembelihan.

Tetapi, sebab ukuran badan sapi yang besar sekali serta sudah sempat memberontak, membuat masyarakat harus keluarkan tenaga tambahan waktu tempatkan sapi itu. Bahkan juga, sebab gerakan sapi yang susah diperkirakan, membuat salah seseorang masyarakat terserang sepakan waktu berupaya menarik tali yang melilit kaki sapi itu.

Karena sepakan kaki sapi, pria berkaus hitam itu tersuruk di lantai. Mujur pria itu tidak alami cedera kronis serta cuma alami cedera di kaki samping kanan.

Ketua Takmir Masjid Nurma’unah, Sumarno, menjelaskan jika spesial penyembelihan sapi sumbangan Presiden Jokowi menyertakan belasan masyarakat. Hal tersebut sebab ukuran sapi yang besar sekali.

“Ini barusan ada seputar 12 orang yang turut menjagal sapi (sumbangan Jokowi), sebab sapinya cukup kuat barusan,” katanya waktu didapati di Masjid Nurma’unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Minggu (11/8/2019) siang.

“Diluar itu, barusan sudah sempat terhalang sebab alat yang kurang kuat, tetapi alhamdulilah proses penyembelihan dapat dikerjakan,” tambah Sumarno.

Berkaitan seseorang yang alami luka waktu proses penyembelihan, Sumarno menjelaskan jika korban cuma alami luka mudah pada kaki samping kanan. Menurut dia, hal tersebut berlangsung sebab salah tempat waktu menarik tali yang melilit sapi itu.

“Seseorang terluka sebab barusan salah tempat (waktu menarik tali yang melilit sapi sumbangan Presiden Jokowi), ia alami luka mudah pada kaki kanan,” katanya.

Sumarno memberikan tambahan, jika daging sapi sumbangan Presiden Jokowi ini akan diberikan pada beberapa ratus masyarakat. “Dagingnya kelak akan diberikan ke 350 masyarakat yang ada lingkungan Masjid (Nurma’unah). Terus daging kurban (sapi sumbangan Jokowi) kami bagi ke luar Watugilang B, sebab ada 13 proposal yang masuk ke kami,” katanya.

Bupati Kabupaten Gunungkidul, Badingah mengharap supaya daging kurban sumbangan Presiden Jokowi ini bisa dialokasikan ke semua masyarakat yang benar-benar memerlukan.

“Mudah-mudahan daging kurban ini dapat diberikan dengan rata ke masyarakat yang tidak dapat,” tuturnya waktu didapati di Masjid Nurma’unah.

About penulis77