Home / Berita Umum / Susu Unta Lebih Bergizi Dari Susu Sapi

Susu Unta Lebih Bergizi Dari Susu Sapi

Susu Unta Lebih Bergizi Dari Susu Sapi – Apa Anda ingin berubah minum susu unta? Makin banyak peternak unta di Australia yang mengharap Anda ingin coba susu unta.
Bukan hal yang aneh buat beberapa pemilik usaha kecil untuk memperlakukan pekerja mereka seperti keluarga.

Tentunya pekerja itu umumnya bukan binatang berkaki empat yang berpunuk.

Apa Anda harus menjauhi produk susu waktu batuk pilek?
Yang perlu untuk diketahui mengenai susu yang tahan beberapa bulan
Kenapa sebagian orang punyai puting susu tambahan
Lauren Brisbane ialah pemilik QCamel, hanya satu produsen susu unta organik bersertifikat di Australia.

Susu unta sudah jadi produk industri peternakan di Australia sebab keinginan produk itu tumbuh dengan lokal atau internasional.

Tetapi, Lauren menjelaskan usaha yang dipunyainya serta digerakkan keluarganya tidak fokus pada keuntungan semata-mata, tetapi dimotivasi oleh cinta.

“Kami mempunyai filosofi yang berlainan dalam bagaimana kami jual produk susu,” katanya.

Lauren Brisbane Lauren Brisbane menjelaskan usaha yang dipunyainya serta digerakkan keluarganya tidak fokus pada keuntungan semata-mata, tetapi dimotivasi oleh cinta (QCamel)

“Saat jalankan usaha susu unta yang bahagia serta sehat, penting buat kita untuk betul-betul mengerti serta menghargai unta. Kami lihat mereka jadi bagian keluarga kami serta sama-sama anggota karyawan, tidak cuma stock atau mesin.

“Mereka seperti manusia, mereka mempunyai kepribadian yang berlainan. Mereka ialah jiwa yang lembut, baik serta penuh kasih, serta benar-benar pintar. Anda bisa duduk serta bicara dengan mereka mengenai apa yang sedang berlangsung, serta mereka seutuhnya pahami.

“Mereka hewan besar … tapi bila kamu menghargai kebaikan serta kecerdasan unta, mereka gampang dibawa bekerja bersama.”

Makin banyak peternak Australia pilih untuk pelihara unta. Unta pertama-tama dikenalkan ke Australia pada tahun 1840-an untuk menolong eksplorasi pedalaman negara itu.

Saat ini direncanakan ada lebih dari 1,2 juta unta di alam liar, yang dipandang seperti populasi liar paling besar di dunia. Sejumlah besar dari unta itu ialah unta Arab, yang mempunyai satu punuk, spesies yang diambil untuk produksi susu.

Australia mempunyai populasi unta Bactrian yang mempunyai dua punuk.

Camels being herded on an Australian farm Unta diakui jadi hewan yang pintar (Peter Lorimer)

Perusahaan susu unta pertama di Australia dibuka pada tahun 2014, serta semenjak itu industri itu sudah berkembang cepat. Perusahaan susu unta saat ini bekerja di hampir tiap negara sisi di Australia.

Sesaat produksi susu unta global didominasi oleh beberapa negara di Afrika Utara serta Timur, serta Timur Tengah, satu laporan tahun 2016 oleh pemerintah Australia meramalkan jika sampai 2021 akan ada penambahan besar dalam produksi susu unta Australia.

Pada tahun 2016 negara ini menghasilkan 50.000 liter susu unta, sesaat sekarang ini produksi susu sampai 180.000 liter.

Megan Williams jelas menolong menggerakkan perkembangan itu. Ia serta suaminya Chris membuat toko susu di Victoria utara mendekati akhir 2014, dengan cuma tiga unta dari alam liar, yang selanjutnya mereka latih untuk diperah.

Lima tahun selanjutnya usaha mereka – The Camel Milk Co Australia – sudah geser ke bangunan yang ukurannya lebih luas 2x lipat. Mereka saat ini mempunyai lebih dari 300 unta, dengan seputar 60 unta yang dapat diperah.

The Camel Milk Co Australia Seperti susu sapi, susu unta dipasteurisasi sebelum di jual (The Camel Milk Co Australia)

Peternakan rata-rata membuahkan seputar enam liter susu per unta /hari. Sepertiga dari jumlahnya itu dikirim untuk konsumen setia di Singapura, sesaat susu fresh susu bubuk dikirim ke Thailand serta Malaysia.

Cina serta AS mempunyai pasar mungkin untuk Megan, sesaat produsen susu unta yang lain di Australia mengekspor susu unta ke Selandia Baru, Papua Nugini, serta Hong Kong.

“Kami membuahkan beberapa ratus liter untuk export tiap minggu, tapi adanya pasar Thailand, produksi akan betul-betul bertambah,” kata Megan.

“Kami seringkali didekati oleh konsumen internasional. Satu hal yang unggul dari unta Australia ialah unta kami bebas dari penyakit.”

Penyakit yang Megan maksudkan ialah virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS), yang bisa menebar pada populasi unta di Timur Tengah. Virus yang bisa mengakibatkan kematian ini bisa menebar ke manusia dari kontak dengan Unta, atau mungkin dengan konsumsi susu unta mentah.

Chris and Megan Williams Megan Williams serta suaminya jalankan export susu unta (Megan Williams)

Walau susu unta sudah dikonsumsi oleh manusia sepanjang lebih dari 6.000 tahun, keinginan global pada susu ini bertambah tajam dalam beberapa waktu paling akhir, walau harga yang mahal. Satu liter susu unta pasteurisasi di jual seputar A $ 15 (seputar Rp 147.000) di Australia, membuat 12 kali tambah mahal dibanding susu sapi.

Bertambahnya ketertarikan pada susu unta terakhir didorong kemauan customer yang cari faedah lebih dari susu.

Susu unta lebih kaya gizi dibanding susu sapi, seperti dalam soal vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, magnesium serta kalium.

Kelebihan yang lain, menurut penilaian pasar Pemerintah Australia 2016, ialah susu unta dipercaya bisa kurangi alergi makanan serta musiman, kurangi ketergantungan insulin serta penyembuhan diabetes, menolong skema pencernaan”.

Rebecca Forwood sudah mengimpor susu unta Australia ke Singapura sepanjang hampir dua tahun serta yakin akan faedahnya.

“Saya tidak suka arti ‘superfood’, tapi produk ini salah satu yang paling baik,” tuturnya.

Skincare products made from camel milk Susu unta dipakai jadi bahan baku produk perawatan kulit (The Camel Milk Co Australia)

“Semenjak menjualnya sendiri, rata-rata seputar 160-200 botol dengan ukuran satu liter dalam tempo satu bulan, jumlahnya permohonannya terus makin bertambah sebab makin banyak orang yang temukan faedah pengobatan dari susu unta.”

Charlene Grosse, pakar diet serta jubir untuk Asosiasi Diet Australia, menjelaskan walau didapati susu unta tentunya mempunyai nutrisi yang baik, semakin banyak riset dibutuhkan untuk mengetes beberapa klaim mengenai produk ini.

“Saat Anda lihat susu unta, itu seperti susu sapi, benar-benar bergizi,” tuturnya.

“Susu unta mempunyai tingkat cholesterol serta gula yang rendah, hingga dapat jadi alternatif yang sehat [untuk susu sapi], tapi yang butuh kita tahu ialah tidak ada riset yang cukup sekarang ini untuk memberi dukungan beberapa klaim yang dibikin mengenai susu unta.”

Lepas dari pentingnya riset selanjutnya, Megan menjelaskan satu hal yang tentu – hari esok untuk industri export Australia pasti cerah. Tidak hanya susu, beberapa peternak unta memulai membuat keju, produk perawatan kulit, serta cokelat yang dibikin dengan susu unta.

“Tiap minggu kami mendapatkan kontak serta keinginan baru, serta itu terus makin bertambah.”

Tetapi seperti apa rupa susu unta? Susu ini disebutkan mempunyai warna serta struktur yang sama juga dengan susu sapi, tapi rasa-rasanya dikit lebih asin.

About penulis77